Daun Berguguran

.

burung2

Pages

Rabu, 15 Februari 2012

MENGAKSES WEBSITE

    Kebanyakan apa yang kita lakukan dalam dunia internet adalah mengakses sebuah website dari pada menggunakan bentuk informasi yang lain seperti mailing list.Website memiliki tampilan yang unit serta menarik. Website mampu merangkul semua jenis informasi yang ada di dunia, baik itu berupa tulisan, gambar diam dan gambar bergerak ataupun surat dan musik, yang membuat website dicari-cari bahkan ada beberapa pihak yang sengaja memberi penghargaan untuk website yang mempunyai desain yang bagus dan
di dalamnya terkandung informasi yang berguna.                                                                                   1. Menjalankan Browser                                                                                                                       Langkah-langkah menjalankan Browser yaitu:
      a. Klik Start
      b. Pilih Program
      c. Klik Internet Explorer
      d. Komputer akan siap menjalankan software Internet Explorer
   2. Menulis Alamat Website      
      Website memiliki sebuah alamat untuk menunjukan letak keberadaanya. Agar browser membawa kita ke sebuah website berdasarkan alamatnya, kita harus memasukan alamat ke dalam lokasi yang tepat. Dalam tampilan software Internet Explorer terdapat sebuah kota yang panjang dan di samping kiri kotak tersebut tertulis Addres. Kotak inilah yang harus kita isi sesuai dengan alamat yang kita tuju yang berisi informasi yang kita sukai dan inginkan. Contoh : Masukkan alamat http://www.astaga,com > klik go atau tekan enter.
    3. Bentuk dan Contoh Alamat Website
       Alamat website memiliki anatomi, tetapi bentuknya tidak mirip dengan alamat rumah teman kita. Alamat website lebih sederhana meskipun kita wajib teliti saat menuliskannya supaya browser tidak membawa kita ke alamat yang salah.
Bentuk alamat website adalah:
                                   http://www.nama domain     
    4. Mengenal Domain   
       Alamat internet memiliki sebuah kode yang dinamakan dengan Domain. Kode ini terletak dibagian belakang sebuah alamat website.
Contoh: a. http://www.telkom.net
            b. http://www.pikiranrakyat.com
            c. http://www.rcti.co.id
    5. Mengenal Link
                Link atau nama lengkap'y Hyperlink, merupakan semacam pintu yang menghubungkan satu halaman website dengan halaman-halaman website yang ada atau alamat website yang lain.
Adapun fungsi dari link diantaranya:
a. Untuk menghubungkan dari satu halaman website ke halaman lain
b. Untuk menghubungkan dari satu halaman website ke alamat website lain
c. Untuk menghubungkan dari satu halaman website ke alamat e-mail
d. Untuk menjalankan sebuah aplikasi misalnya memperdengarkan musik, gambar bergerak, menyimpan program dan lain sebagainya.
     6. Mencari Link
        Ada beberapa ciri untuk mendapatkan link yaitu:
        a. Teks yang mengandung link biasanya bergaris bawah
        b. Sebuah link, apakah berada dalam sebuah teks atau gambar, akan merubah bentuk kursor
            mouser dari anakan panah menjadi gambar tangan.
    7. Mengklik Link
           Cobalah kita masuk kesebuah website dengan menulis alamat website itu terlebih dahulu. Kita gerak-gerak mouse dan amati bentuk kursor mouse. Apabila berubah bentuk dari anak panah menjadi gambar tangan diatas sebuah teks atau gambar, artinya teks atau gambar itu mengandung link. Kliklah tombol kiri mouse pada link itu dan kita akan dibawa ke halaman lain.
     8. Memahami Thumbnails
               Thumbnails adalah sejenis link yang bentuknya berupa gambar kecil, yang artinya ia mewakili gambar dengan ukuran sesungguhnya. dengan kata lain, jika link yang bernama thumbnails ini kita klik, maka kita akan dibawa kesebuah halaman yang disitu hanya menampilkan gambar dalam ukuran sebenarnya. Dan gambar-gambar kecil tersebut dinamakan thumbnails.
     9. Penggunaan tombol Back dan Forward
                apabila kita amati pada software internet Explorer bagian kiri atas paling pojok, terdapat tombol Back dan Forward. Tombol Back berfungsi untuk mengembalikan kita kedalam sebelumnya, sedangkan tombol Forward dipakai bila kita ingin menuju ke halaman lain dimana kita pernah berada di situ sebelumnya.
     10.Menyimpan halaman website
              Suatu kita ingin memiliki atau menemukan sebuah alamat yang akan membawa kita kesebuah wabsite yang menawarkan informasi dan teknologi yang sangat kita butuhkan dan alamat tersebut tak ingin dilupakan begitu saja, barangkali kita akan menuliskan kedalam

0 komentar:

Posting Komentar